Tanpa Ronaldo, Situasinya Jadi Semakin Rumit Bagi Madrid

Salah seorang mantan pelatih Real Madrid dan Juventus, Fabio Capello turut berkomentar mengenai situasi krisis yang dialami Los Blancos di beberapa pertandingan awal musim ini. Diakui capello bahwa kepergian Cristiano Ronaldo membuat segala sesuatunya jadi rumit bagi Real Madrid, karena harus dikatakan bahwa pemain Portugal itu seperti Messi, menjadi seorang pembeda.

Tanpa Ronaldo, Situasinya Jadi Semakin Rumit Bagi Madrid

Seperti diketahui, Cristiano Ronaldo memang telah resmi meninggalkan Real Madrid pada bursa transfer musim panas kemarin, setelah sembilan tahun lamanya membela raksasa La Liga Spanyol tersebut. Selama periode itu, harus diakui bahwa mega bintang Portugal telah berhasil mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi untuk Real Madrid seperti diantaranya gelar Liga Champions Eropa di empat edisi, dua titel la Liga dan beberapa gelar lainnya.

Tanpa Ronaldo, banyak yang menganggap Real Madrid tidak akan sama, apalagi faktanya Los Blancos tidak mendatangkan sosok pemain yang menggantikan peran Ronaldo dalam skuat utama mereka. Benar saja, Real Madrid mendapati serangkaian hasil mengecewakan di awal musim ini yang pada puncaknya adalah kekalahan memalukan 1-5 di Camp Nou melawan tuan rumah Barcelona pekan lalu.

Pemandangan yang tak biasa ini memancing komentar sejumlah pihak termasuk diantaranya mantan pelatih Real Madrid Fabio Capello. Menurutnya, Real Madrid semakin rumit tanpa kehadiran bintang berusia 33 tahun itu, karena bagaimanpun Ronaldo sama seperti Lionel Messi yang jadi pembeda dalam sebuah pertandingan.

“Ketika kalian tidak lagi memiliki Cristiano Ronaldo, maka akan lebih rumit. Dia adalah pemain yang mirip seperti [striker Barcelona Lionel] Messi. Dia selalu menghadirkan kalian sesuatu yang berbeda.”

“Jika dia tidak mencetak gol, dia akan membuat umpan-umpan yang menentukan dan apa pun bisa terjadi. Dia akan selalu menciptakan ruang untuk rekan-rekan setimnya, sebab dia akan menjadi fokus para pemain belakang lawan,” ujar Capello kepada jurnalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *