Kedatangan Arteta Tak Akan Langsung Ubah Wajah Arsenal


Dari sekian banyak sosok kandidat yang terdengar, Arsenal diyakini akan lebih memilih mantan pemainnya, Mikel Arteta. Selama ini sang legenda bekerja sebagai assisten Pep Guardiola di Manchester City, tapi jika benar yang bersangkutan jadi manajer Arsenal, kehadirannya tidak akan langsung memberikan dampak dan mengubah wajah klub keseluruhan.
Sejak pemecatan Unai Emery beberapa pekan lalu, nama-nama seperti Allegri, Ancelotti, Vieira sampai Mikel Arteta muncul sebagai kandidat pelatih anyar klub. Tapi yang diyakini paling berpotensi jadi juru taktik anyar The Gunners adalah mantan pemain mereka sendiri, Mikel Arteta.

Arsenal mungkin merasa Arteta adalah sosok yang paling tepat untuk menjadi manajer baru mereka, tapi situasi sebenarnya bisa jadi tidak sebaik itu. Analis Sky Sports, Paul Merson, menilai bahwa tidak akan ada perbedaan signifikan antara Ljunberg dan Arteta. Dia merasa Pria asal Spanyol tersebut bukanlah solusi yang tepat bagi Arsenal saatini.

Kesimpulan mudahnya, Ljunberg yang tidak berpengalaman saja sudah bisa dicap gagal, bagaimana bisa hal yang sama tidak terjadi dengan Arteta ?

“Memilih seseorang yang tak berpengalaman untuk menangani Arsenal sekarang ini adalah masalah besar. Juga ada keraguan besar tentang kualitasnya, pertanyaan besar. Salalah satu faktor utama yang membuat Arteta dihubungkan dengan lowongan ini adalah karena dia bekerja sebagai assisten Pep Guardiola, dan sebelumnya dia cukup lama di Arsenal.”

“Saya tidak tahu apa yang bisa dia tawarkan, selain tidak tersesat dalam jalan menuju tempat latihan klub,” cetus Merson kepada Sky Sports.

Lebih lanjut, Merson menilai bahwa masalah yang dialami Arsenal saat ini sudah terlalu parah, kedatangan Arteta tidak akan secara instan mengubah wajah klub menjadi seperti Manchester City.

“Kita sudah melihat sendiri bagaimana Ljunberg terjebak dalam masalah yang sama selama beberapa pekan terakhir ini. Apa perbedaan antara Ljungberg dan Arteta selain dari fakta bahwa Arteta sudah bekerja di bawah Pep di Man City? Bukan berarti Arteta lebih berkualitas, Arsenal juga tidak akan langsung menjadi Manchester City hanya karena ditangani mantan assisten Pep Guardiola. Masalahnya tidak sederhana seperti itu” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *