Klub-Klub Serie A Berencana Latihan Lagi, Benarkah ?

Italia kini sedang darurat COVID-19, mereka bahkan tercatat sebagai terparah kedua setelah Cina terkait penyebaran Virus ini. Namun menariknya, muncul laporan yang menyebut bahwa klub-klub Serie A tengah berencana menggelar sesi latihan lagi.

Pandemi Virus ini memang membuat sepakbola di Italia lumpuh sepenuhnya. Sejak 9 Maret lalu, FIGC sepakat untuk menunda sementara semua kompetisi sepakbola professional termasuk Serie A Italia sendiri.

Bagaimana tidak ? ditemukan lebih dari 30 Ribu kasus Corona di Indonesia dengan lebih dari 4 ribu orang yang telah meninggal dunia.

Di tengah-tengah situasi yang semakin parah ini, justru ada klub yang kabarnya berencana ingin kembali berlatih, padahal situasi masih mencekam. Klub tersebut adalah Lazio, dimana diyakini tim arahan Simeone Inzaghi itu berencana menggelar latihan seperti biasa pada senin mendatang.

Tak hanya Lazio, Napoli juga dilaporkan memiliki rencana yang sama, tapi dimulai pada Rabu mendatang.

Berbicara mengenai hal tersebut, Damiano Tommasi selaku presiden AIC (Asosiasi Pemain Sepak Bola Italia) memberikan peringatan tegas kepada siapa saja yang berencana menggelar latihan.

“Saya juga berharap kita bisa segera kembali bermain, karena sepak bola merupakan akan menjadi termometer suatu masyarakat. Ketika bola kembali bergulir, itu berarti kita hampir pasti lepas dari mimpi buruk ini.”

“Saya merasa lebih baik mengatakan bahwa situasi ini belum akan pulih hingga tanggal tertentu, daripada mengindikasikan suatu hari tertentu. Siapa pun yang berniat melatih tim mereka, saya tak tahu apa yang mereka pikirkan. Berlatih sekarang, sebelum kompetisi dilanjutkan, tidak masuk akal. Itu juga berbahaya.” kata Tommasi, seperti dikutip Football Italia

Memang benar apa yang dikatakan oleh Tomassi, resikonya terlalu besar jika klub memaksakan diri untuk menggelar sesi latihan di tengah-tengah penyebaran Virus yang semakin menjadi-jadi.

Lagipula, apa alasan mereka menggelar latihan ? Sementara kompetisi sendiri belum digelar, bahkan akan ditunda sampai Mei mendatang. Itupun, jadwal berpotensi mundur lebih jauh lagi bahkan benar-benar ditiadakan jika Virus ini tak kunjung mereda.

UEFA saja telah memastikan menunda gelaran Euro 2020, sampai tahun 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *