Mantan Wasit Premier League Ini Akui Sempat Untungkan MU

Masih ingat dengan Howard Webb? Dia adalah mantan wasit Premier League yang dulu dikenal sebagai wasit yang kontroversial lantaran keputusannya sering menguntungkan Manchester United.

Wasit memang berperan sebagai pengadil di atas lapangan sepanjang pertandingan berlangsung. Tentu saja, mereka dituntut untuk bersikap adil, hanya saja memang ada beberapa wasit yang tampak terkadang condong memihak pada sebuah tim.

Sikap tak adil tersebut terkadang memang tidak disengaja, mengingat wasit hanyalah manusia biasa yang bisa salah dalam mengambil keputusan. Begitu juga dengan Howard Webb, dia adalah salah mantan wasit Premier League yang pernah berbuat salah saat mengambil keputusan.

Hanya saja, sepanjang menjadi wasit Liga Primer, kesalahan justru paling sering dilakukan Webb saat memimpin laga Manchester United. Tak heran jika sosoknya dikenal sebagai wasit yang terlalu memihak pada Setan Merah.

Meski membantah anggapan tersebut, namun Webb tak memungkiri bahwa dia sempat salah mengambil keputusan kala memimpin laga yang dimainkan Manchester United.

Saat itu di musim 2008/09, ketika Manchester United berhadapan dengan Tottenham Hotspur. Setan Merah sebagai tuan rumah tertinggal 0-2 dari Spurs di babak pertama. Di babak kedua, mereka sukses bangkit, mencetak lima gol balasan dan akhirnya menang.

Gol pertama tuan rumah dalam laga itu tercipta di menit ke-57 lewat penalti Cristiano Ronaldo. Adalah wasit Howard Webb yang menunjuk titik putih penalti saat itu. Setelah lebih dari 10 tahun berlalu, barulah dia mengakui bahwa keputusannya saat itu salah.

“Yang paling diingat pada laga tersebut ketika saya membuat keputusan salah. Saya melihat Carrick dan kemudian penjaga gawang menjegalnya. Itu benar-benar merupakan hadiah penalti yang mudah.”

“Saat itu saya menantikan ekspresi menggugat yang biasanya terlihat dari wajah para pemain, bukan tatapan terkejut dan tidak percaya dari Gomes. Dalam hitungan detik, saya sadar telah salah mengambil keputusan,” ujar Howard Webb seperti dikutip dari Sportbible.

Karena keputusannya, Cristiano Ronaldo berhasil membangkitkan Manchester United untuk mencetak empat gol lagi dan akhirnya terhindar dari kekalahan memalukan di Old Trafford.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *